Pemula Wajib Tahu! Ini Urutan Makeup Bagi Pemula untuk Hasil Natural

Pemula Wajib Tahu! Ini Urutan Makeup Bagi Pemula untuk Hasil Natural

Bagi sebagian orang, memulai perjalanan dalam dunia makeup bisa menjadi sedikit menakutkan, terutama jika Anda adalah seorang pemula. Dengan begitu banyaknya produk dan teknik yang berbeda, sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai. Salah satu langkah pertama yang penting adalah memahami urutan makeup yang benar dalam mengaplikasikan makeup. Dalam artikel ini, kami akan membahas urutan makeup yang tepat bagi pemula untuk menciptakan tampilan yang natural dan menyegarkan.

1. Skincare Dasar

Sebelum Anda mulai menggunakan makeup, pastikan untuk membersihkan dan menyiapkan kulit Anda terlebih dahulu. Gunakan pembersih wajah yang cocok untuk jenis kulit Anda, diikuti dengan toner untuk menyeimbangkan pH kulit dan mempersiapkannya untuk produk selanjutnya. Jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembap yang ringan agar kulit tetap terhidrasi sepanjang hari.

2. Primer

Langkah berikutnya adalah menggunakan primer wajah. Primer membantu menciptakan lapisan dasar yang halus dan rata, serta membantu makeup Anda bertahan lebih lama. Pilihlah primer yang sesuai dengan jenis kulit Anda, misalnya primer matte untuk kulit berminyak atau primer yang memberikan kilauan bagi kulit kering.

3. Foundation atau BB Cream

Setelah primer, Anda dapat mulai mengaplikasikan foundation atau BB cream. Foundation digunakan untuk menyamarkan ketidaksempurnaan kulit dan menciptakan tampilan yang lebih merata, sementara BB cream memiliki tekstur yang lebih ringan dan memberikan hasil yang lebih natural. Pilihlah warna yang sesuai dengan kulit Anda dan aplikasikan dengan lembut menggunakan spons makeup atau kuas foundation.

4. Concealer

Gunakan concealer untuk menyamarkan dark circle di bawah mata, noda, atau bekas jerawat yang terlihat. Pilihlah concealer yang memiliki tekstur ringan dan coverage yang baik, dan aplikasikan dengan lembut menggunakan jari atau kuas concealer. Pastikan untuk membaurkan dengan baik agar tidak terlihat terlalu tebal atau cakey.

5. Bedak

Setelah Anda selesai dengan foundation dan concealer, gunakan bedak untuk menetapkan makeup dan mengurangi kilap berlebih pada wajah. Pilihlah bedak yang sesuai dengan jenis kulit Anda, apakah itu bedak padat atau bedak loose. Aplikasikan dengan lembut menggunakan kuas bedak, terutama di area T-zone yang cenderung berminyak.

6. Blush On atau Bronzer

Untuk menambah dimensi pada wajah dan memberikan sedikit warna, Anda dapat menggunakan blush on atau bronzer. Blush on memberikan tampilan segar dan merona pada pipi, sementara bronzer membantu menciptakan efek bayangan dan memberikan tampilan yang lebih berdimensi. Aplikasikan dengan lembut di tulang pipi atau area yang ingin Anda tonjolkan.

7. Highlighter

Highlighter adalah langkah opsional namun bisa memberikan efek yang menakjubkan pada tampilan akhir Anda. Aplikasikan highlighter di tulang pipi, ujung hidung, dan tulang dahi untuk memberikan kilauan yang menyegarkan pada wajah. Pastikan untuk menggunakan highlighter yang memiliki tekstur halus dan tidak terlalu berkilau agar hasilnya tetap natural.

8. Eyebrow

Bentuk alami alis bisa memberikan tampilan yang segar dan lebih muda. Gunakan pensil alis atau produk alis lainnya untuk mengisi dan membentuk alis Anda sesuai dengan bentuk alami mereka. Pastikan untuk mengaplikasikan produk dengan lembut dan merata untuk hasil yang natural.

9. Eyeshadow (Opsional)

Jika Anda ingin menambahkan sedikit warna pada kelopak mata, Anda dapat menggunakan eyeshadow. Pilihlah warna-warna netral yang cocok untuk sehari-hari, dan aplikasikan dengan lembut menggunakan kuas eyeshadow. Pastikan untuk membaurkan dengan baik agar tidak terlihat terlalu mencolok.

10. Eyeliner (Opsional)

Eyeliner dapat membantu menambah definisi pada mata dan menciptakan tampilan yang lebih dramatis. Gunakan eyeliner pensil atau cair untuk menciptakan garis yang halus dan presisi di sepanjang garis bulu mata Anda. Anda juga dapat menggunakan eyeshadow gel atau pensil alis untuk menciptakan efek yang lebih lembut.

11. Mascara

Terakhir, aplikasikan maskara untuk memberikan panjang dan volume pada bulu mata Anda. Pilihlah maskara yang tahan lama dan tidak mudah luntur, dan aplikasikan beberapa lapis untuk hasil yang lebih dramatis. Pastikan untuk mengaplikasikan maskara dengan lembut dan merata agar tidak terjadi gumpalan.

12. Lipstik atau Lip Gloss

Terakhir, lengkapi tampilan Anda dengan lipstik atau lip gloss. Pilihlah warna yang sesuai dengan selera Anda dan aplikasikan dengan lembut di bibir. Anda juga dapat menggunakan lip liner untuk mendefinisikan bentuk bibir Anda sebelum mengaplikasikan lipstik.

Memulai perjalanan dalam dunia makeup bisa menjadi sedikit menakutkan, tetapi dengan memahami urutan makeup yang benar, Anda dapat menciptakan tampilan yang natural dan menyegarkan dengan mudah. Mulailah dengan langkah-langkah dasar seperti skincare, primer, foundation, dan concealer, lalu tambahkan langkah-langkah lainnya sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Dengan sedikit latihan dan eksperimen, Anda akan menjadi ahli dalam mengaplikasikan makeup dan menciptakan tampilan yang memukau dalam waktu singkat!